Cerita Penuh Makna

Kekuatan pujian 



Ini kisah nyata seorang penyanyi di Eropa, wanita bersuara bagus.Dia bersuamikan seorang pemusik dan pengarang pengarang lagu.begitu pandainya suaminya pada lagu, birama, dan hal lainnya di bidang musik, sehingga dia selalu menemukan apa saja yang harus dikoreksi ketika istrinya bernyanyi.

Kalau istrinya bernyanyi, selalu saja ada bagian mentar dan kritik, seperti : bagian depan kurang tinggi, lain kali ia berkata, bagian ini kurang pelan.Kali lain dia mengkritik, "bagian akhir harusnya keras! naik sedikit".Selalu saja ada komentar pedas yang dia lontarkan kalau istrinya bernyanyi dan bersenandung.Akhirnya wanita itu malas menyanyi.Dia berkeputusan, " Wah, tidak usah menyanyi saja, jika semua salah.Malah kadang menjadi pertengkaran,.."

Singkat cerita, karena suatu musibah sang suami meninggal dan lama setelah itu si wanita menikah lagi dengan seorang tukang ledeng.Tukang ledeng ini tidak tahu menahu soal musik. Yang ia tahu istrinya bersuara bagus dan dia selalu memuji istrinya kalau bernyanyi.

Suatu ketika istrinya bertanya, "Pak, bagaimana laguku?"

Dia menjawab dengan antusias, "Ma, saya ini selalu ingin cepat pulang karna mau dengar engkau bernyanyi."


Lain kali dia berkata, "Ma, kalau saya tidk menikah dengan engkau, mungkin saya tuli karna bunyi dentuman, bunyi gergaji, bunyi cericit drat pipa ledeng, gesekan pipa ledeng, dan bunyi pipa lainnya yang saya dengar sepanjang hari kalau saya berkerja.Sebelum saya menikah denganmu, saya sering bermimpi dan terngiang-ngiang suara gergaji yang tidak mengenakkan itu ketika tidur.Sekarang setelah menikah dan sering mendengar engkau menyanyi, lagumulah yang terngiang-ngiang."

Istrinya sangat bersuka cita, tersanjung. Hal itu membuat dia gemar bernyanyi, bernyanyi, dan bernyanyi.Mandi ia bernyanyi, masak dia bernyanyi, dan tanpa disadarinya ia berlatih, berlatih, dan berlatih.Suaminya mendorong hingga dia mulai merekam dan mengeluarkan kaset volume pertama dan ternyata disambut baik oleh masyarakat.

Wanita ini akhirnya menjadi Penyanyi terkenal, dan dia terkena bukan pada saat suaminya ahli musik, tetapi saat suaminya tukang ledeng, yang memberinya sedikit demi sedikit pujian ketika ia bernyanyi.


Sedikit Pujian memberikan penerimaan.Sedikit pujian memberikan rasa diterima, memberikan dorongan, semangat untuk melakukan hal yang baik dan lebih baik lagi.Sedikit pujian dapat membuat seseorang bisa meraih prestasi tertinggi.Omelan, bentakan, kecaman, amarah, atau kritik sesungguhnya tidak akan banyak mengubah. 

0 komentar:

Posting Komentar

Open Cbox
Kunjungi Blog Ini Lagi Yaa^^